Inspirasi Model Kebaya Yang Sedang Hits di 2018-2019

Belakangan ini motif nusantara telah menghiasi fashion Indonesia yang kebanyakan didominasi dengan batik dan kebaya. Bahkan di tangan desainer-desainer hebat seperti Anne Avantie, Era Soekamto dan lain sebagainya kini kebaya yang biasanya digunakan untuk acara formal bisa lebih fleksibel digunakan di acara-acara semiformal. Selain itu model kebaya juga tampak lebih casual dan tidak kaku atau terkesan tua dengan beberapa kombinasi. 

Macam-Macam Model Kebaya Indonesia 

1. Modifikasi kebaya Cina 

Modifikasi Kebaya Cina

Kebaya yang diusung dalam pagelaran 25 tahun Anne Avantie berkarya ini memang cukup glamour. Apalagi dengan perpaduan brokat bunga dan rok mermaid yang menambah kesan kaki lebih jenjang. Bagian kerah dibuat lebih terbuka dan dengan lengan yang pendek sehingga tampak lebih muda. Adapun penambahan hiasan bunga menjadikan kebaya ini terlihat lebih elegan dan cocok untuk acara pernikahan ataupun fashion show. 

2. Kebaya Encim 

Kebaya Encim

Jenis kebaya yang erat kaitannya dengan budaya Betawi dan Cina ini sangat cocok dijadikan referensi dalam memilih busana untuk menghadiri pernikahan, wisuda, ataupun acara adat. Coraknya yang khas menghiasi tepian kerah dari atas hingga bawah ini mampu membuat kebaya tampak anggun, apalagi jika dipadukan dengan jarik atau batik yang akan membuat tampilan Anda lebih mempesona. 

3. Kebaya dress 

Kebaya dress

Untuk Anda yang berhijab dan tidak ingin menunjukkan lekuk tubuh maka bisa menggunakan model dress kebaya. Penggunaan dress akan membuat tampilan Anda lebih anggun ketika menghadiri acara pernikahan, wisuda, dan sebagainya. Untuk atasan kebaya bisa mengambil dari bahan katun yang halus dan dingin sehingga nyaman ketika digunakan. Sedangkan untuk bagian bawah bisa menggunakan rok batik yang senada dengan warna kebaya. 

4. Kebaya lace dan brokat 

Kebaya Lace dan Brokat

Salah satu kebaya yang sedang booming akhir-akhir ini yakni jenis brokat dan lace. Jenis kebaya ini hampir sama namun memiliki struktur bahan yang berbeda. Kebaya lace memiliki tekstur seperti renda sedangkan brokat memiliki pola atau motif yang lebih sulit. Dengan kedua bahan lace atau brokat maka tampilan kebaya akan terlihat anggun terutama jika dipadankan dengan bawahan rok jarik atau batik. 

Tips Tampil Cantik Dengan Kebaya 

1. Pilih model yang pas di badan 

Agar kebaya Anda pas di badan maka pilihlah model kebaya yang bisa menyamarkan bentuk tubuh. Anda bisa mencoba model peplum yang bisa membuat pinggang Anda lebih berisi atau model cape yang bisa menutup bahu atau dada Anda yang tampak besar. Hindari juga detail kebaya yang menumpuk di bagian bahu, punggung, dan perut agar tidak terlihat gemuk atau terlalu kurus. 

2. Pilih motif dan warna yang casual 

Agar lebih cantik dan tidak terkesan tua ketika menggunakan kebaya maka pilihlah motif yang sederhana. Usahakan motif tidak terlalu ramai dan bisa menciptakan kesan yang elegan. Agar lebih modern maka jangan terpaku dengan desain lengan panjang. Anda bisa menggunakkan tipe lengan 3/4 atau 1/5 sehingga tampak lebih casual. Sedangkan untuk pemilihan warna bisa disesuaikan dengan jenis kulit. 

3. Tambahkan aksesoris 

Untuk mempercantik tampilan agar terlihat lebih glamour maka Anda bisa menambahkan bros pada bagian tengah dada. Anda bisa menggunakan jenis bros emas atau perak dengan desain tumpuk ataupun biasa. Sedangkan untuk Anda yang berhijab maka bisa menggunakan kalung etnik yang bisa mempermanis tampilan kebaya Anda. Namun usahakan agar model kalung dan bros tidak terlalu ramai atau terlihat kuno ketika dipakai.

Mohon untuk berkomentar dengan baik, untuk komentar spam akan kami hapus.

Click to comment