Kumpulan contoh model baju kebaya modern dengan desain yang simple

Model Kebaya Pengantin Batak Modern Terbaru dan Berbagai Ciri Khasnya

Kebayamodern.info - Jika Anda melihat kebaya Batak mungkin sepintas terlihat sama dengan jenis kebaya dari daerah lain. Namun sebenarnya model kebaya pengantin Batak memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan kebaya lain. Apa sajakah ciri khas dari kebaya tersebut? Untuk mendapatkan jawabannya, perhatikanlah ulasan berikut ini.


Ciri khas pertama dari kebaya pengantin Batak adalah penggunaan kain songket sebagai bahan bawahannya. Seperti yang diketahui bahwa kebanyakan kebaya dari daerah lain menggunakan kain batik dengan beragam motif. Namun, model kebaya pengantin khas Batak cenderung menampilkan perpaduan antara kebaya dan kain songket sebagai bawahannya.

Model Kebaya Pengantin Batak Modern Terbaru dan Berbagai Ciri Khasnya

Model Kebaya Pengantin Batak Modern
Model Kebaya Pengantin Batak Modern
Perpaduan tersebut membuat Anda terlihat berbeda. Bisanya kain songket yang paling banyak digunakan berwarna merah. Warna ini memang sangat apik jika dipadukan dengan kebaya yang berwarna putih khusus untuk pengantin. Namun jika Anda memilih kebaya pengantin selain putih, maka Anda juga harus menyesuaikan warna kain songket dengan lebih tepat dan serasi.
Model Kebaya Adat Batak
Model Kebaya Adat Batak
Baju Pengantin Kebaya Adat Batak
Baju Pengantin Kebaya Adat Batak
Ciri khas selanjutnya dari model kebaya pengantin Batak adalah penggunaan selendang. Sebenarnya, selendang pada busana kebaya bukanlah hal yang baru. Namun tampaknya penggunaan kain ini hanya terdapat pada kebaya pengantin Batak saja. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika model kebaya pengantin dari Batak menggunakan kain songket sebagai bawahan, maka untuk selendang harus dipilih dengan motif yang sama sesuai bawahan yang digunakan tersebut. Biasanya motif dari kain songket yang digunakan oleh mempelai wanita sebagai untuk kebaya dan selendang didesain sama dengan motif kain songket yang digunakan sebagai busana mempelai pria.
Seragam Pernikahan Batak Merah
Seragam Pernikahan Batak Merah
Baju Resepsi Pernikahan Batak
Baju Resepsi Pernikahan Batak
Ciri khas yang terakhir dari model kebaya pengantin Batak adalah penggunaan aksesoris kepala. Aksesoris ini juga terbuat dari kain songket dengan motif sama antara bawahan dan selendang. Aksesoris kepala ini digunakan dengan melingkari jidat, baik pada mempelai wanita ataupun pria. Kain songket yang digunakan biasanya ditambahi ornamen emas yang melingkar. Namun penggunaan aksesoris kepala ini bukanlah hal yang wajib dilakukan karena saat ini ada beberapa pasangan yang merayakan pesta pernikahannya dengan menggunakan adat Batak yang lebih modern.
Baju Pengantin Adat Batak
Baju Pengantin Adat Batak
Kebaya Jas Pengantin Adat Batak
Kebaya Jas Pengantin Adat Batak
Pasalnya, desain kebaya modern yang digunakan bukanlah bergaya tradisional melainkan hasil modifikasi. Menarik bukan ulasan terkait beberapa ciri khas dari model kebaya pengantin Batak tersebut? Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki pasangan berdarah Batak disarankan untuk memperhatikan detail dari kebaya pengantin Anda agar dapat menampilkan identitas Batak yang asli.
Foto Baju Pernikahan Adat Batak
Foto Baju Pernikahan Adat Batak
Contoh Kebaya Pengantin Adat Batak
Contoh Kebaya Pengantin Adat Batak
Semoga artikel ini menjadi referensi tepat bagi Anda yang sedang mempersiapkan pernikahan dengan menggunakan adat Batak. Tidak selamanya nuansa adat terlihat kuno dan tradisional. Selama Anda cerdas dalam memadukan berbagai unsur dan sentuhan modern, dijamin pesta pernikahan Anda akan tetap terlihat bergaya tanpa meninggalkan identitas kebudayaan dari tanah kelahiran.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Model Kebaya Pengantin Batak Modern Terbaru dan Berbagai Ciri Khasnya