10 Aksesoris Gaun Pengantin Muslim Bercadar

Menjadi muslimah yang konsisten dalam menggunakan cadar tentu bukan hal mudah. Pertama, karena iklim tropis di Indonesia yang notabene sering membuat cuaca lebih panas dari negara lain. Kedua, perbedaan pendapat dari beberapa orang juga harus dimaklumi karena kita berasal dari kebudayaan serta pemikiran berbeda. Tapi, meskipun seorang wanita bercadar tentu kamu juga ingin tampil cantik ketika menikah, bukan? Untuk kamu yang bercadar, inilah 10 aksesoris gaun pengantin muslim bercadar

Gaun Pengantin Muslim Bercadar


1. Mahkota
Mahkota sering diidentikkan dengan putri raja, dan ini sangat cocok untuk julukan pengantin wanita, yaitu raja dan ratu sehari. Gaun pengantin muslim yang menggunakan cadar dapat diberi aksesoris mahkota agar terlihat mewah. 

2. Bordir di Kain Cadar
Kain cadar pun dapat dihias dengan menggunakan border. Sebaiknya sesuaikan warna border dengan konsep gaun pengantin muslim bercadar. Misalnya jika payetnya berwarna gold maka bisa menggunakan border dengan warna emas pula. 

3. Hoodie
Meskipun jarang digunakan, ternyata hoodie juga cocok digunakan untuk gaun pernikahan muslim sedernahana yang diselenggarakan secara outdoor. Dengan adanya tudung ini, maka kecantikan sang mempelai akan tetap terpancar meski tanpa mahkota yang tentu lebih berat dan kurang casual untuk suasana di luar ruangan. 

4. Flower Crown
Mahkota bunga seperti membawa konsep dongeng di dalam pernikahan. Mahkota bunga juga diidentikkan dengan cerita putri raja yang tentu membawa kebahagiaan tersendiri bagi mempelai yang melankolis.

5. Veil
Kerudung dengan model transparan menggunakan kain tile atau kain kaca sangat cocok dikombinasi bersama cadar. Gaun pernikahan muslim syar’i yang digunakan dapat terkesan lebih elegan jika dikombinasi kerudung tambahan. 

6. Cunduk Mentul
Cunduk mentul identik  dengan hiasan kepala sesuai adat pernikahan Jawa. Jadi, meskipun menggunakan hijab syar’i lengkap dengan cadarnya, seseorang akan tetap cantik menggunakan cunduk mentul seperti putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang, yang memakai 7 cunduk mentul di kepala. 

7. Sunda Siger
Sama halnya seperti cunduk mentul, Sunda siger juga merupakan bagian dari budaya yang unik dan mengandung nilai luhur. Mahkota khusus yang bentuknya elegan ini akan bisa mempercantik gaun pernikahan muslim putih atau jika dikombinasi warna lain. 

8. Hiasan Bunga Melati
Seperti cunduk mentul, hiasan bunga melati juga sangat akrab bagi wanita Jawa, terutama pada acara pernikahan. Hiasan bunga melati asli yang baru dan segar menandakan semangat serta jiwa gadis Jawa. Kecantikan pengantin yang bercadar tentu akan bisa terpancar melalui inner beauty yang ditunjukkan dari kiasan pada makna bunga melati. 

9. Head Piece
Bagi muslimah yang suka hiasan sederhana, maka gunakan head piece. Selain untuk mempercantik penampilan, head piece juga bisa menambah hiasan dari kerudung sendiri. Karena banyak wanita bercadar yang tidak suka hiasan terlalu banyak maka bisa menggunakan head piece sebagai gantinya.

10. Aksen Cadar Berkerut
Cadar berkerut merupakan salah satu aksen yang dipopulerkan pada pernikahan hafidz Qur’an ternama yaitu Muzzammil. Pria lulusan Kampus Al-Azhar di Kairo ini mempersunting seorang wanita bercadar dan perhelatan pernikahannya digelar sebagai salah satu contoh syiar dalam menggunakan busana syar’i meskipun tengah resepsi.

Itulah 10 aksesoris gaun pengantin muslim bercadar yang paling recommended. Jadi, jangan hanya menyebarkan kebaikan melalui ucapan juga tetapi melalui contoh pula. Menggelar pernikahan dengan pakaian yang syar’i tentu akan bisa menambah inspirasi bagi siapa saja untuk dapat lebih maksimal dalam menerapkan ilmu agama pada kehidupan sehari-hari kamu. 

Mohon untuk berkomentar dengan baik, untuk komentar spam akan kami hapus.

Click to comment