Jumat, 11 Januari 2019

Gaun Pengantin Syar’i Dan Elegan Ala Desainer Ternama Indonesia

Pernikahan menjadi momen spesial yang ditunggu-tunggu semua insan. Tak heran bila calon pengantin telah menyiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari. Termasuk soal pakaian pengantin yang akan dikenakan. Zaman sekarang model gaun pengantin lebih bervariasi, tak terkecuali gaun pengantin syar’i khusus untuk wanita berhijab. 

Ciri terkuat dari gaun pengantin syar’i adalah potongannya yang tidak terlalu ketat di badan. Sebab, muslimah berhijab hendaknya mentaati pakem-pakem dalam berbusana, salah satunya tidak terlalu menonjolkan bagian tubuh tertentu. Beberapa nama desainer tanah air berhasil merancang model gaun pengantin berkonsep syar’i yang sangat apik. Berikut nama-nama desainer tersebut beserta karyanya. 

Gaun Pengantin Syar’i Dan Elegan Ala Desainer Ternama Indonesia


Oki Setiana Dewi

Oki Setiana Dewi
Pasca Pernikahan Ustadzah Oki


Selain piawai berakting di layar kaca, wanita berhijab panjang ini ternyata juga berbakat dalam mendesain gaun penganting. Tak main-main koleksi gaun pengantin rancangannya pernah ditampilkan di ajang Jakarta Fashion Week 2017. 

Pada setiap gaun rancangannya, terlihat kekhasan dari seorang Oki. Detail gaun-gaun tersebut lebih banyak diaplikasikan pada bagian pergelangan tangan dan bagian bawah gaun. Tujuannya, agar detail tersebut tetap terlihat meski mempelai wanita menggunakan hijab panjang menutupi dada. 

Model gaun pengantin berkonsep syar’i karya Oki memang lebih sering dipadukan dengan hijab atau khimar panjang ketimbang hijab bermodel turban. Persis seperti gaya berbusana Oki sehari-hari. Cutting A line dan bloomy juga menjadi kekhasan dari rancangan Oki. Dari seluruh koleksi gaun pengantin syar’i Oki, kebanyakan menggunakan warna-warna pastel seperti saleem, cream, hijau mint, dan putih.

Irna Mutiara

Irna Mutiara
Irna Mutiara


Di kalangan sederet nama desainer beken Indonesia, nama Irna Mutiara patut diperhitungkan. Desainer yang sudah 10 tahun melang melintang di dunia rancang busana ini punya peran besar menghadirkan model-model baju pengantin syar’i. 

Dalam karya-karyanya, Irna memadukan gaya klasik dan modren. Hal tersebut mematahkan anggapan bahwa gaun-gaun muslimah biasanya ketinggalan zaman dan membosankan. Salah satu buktinya, Irna berhasi memodifikasi kebaya kutu baru menjadi gaun panjang, lengkap dengan tambahan veil di bagian dada. Jadi, unsur adat tradisional dan unsur modren bisa ditonjolkan sekaligus. 

Ghaida Tsuraya

Ghaida Tsuraya
Ghaida Tsuraya


Sebagian muslimah tidak terlalu suka desain gaun pengantin yang terlalu heboh. Ghaida Tsuraya termasuk desainer yang peka akan hal itu. Lewat keterampilannya dalam merancang busana, putrid sulung ulama besar KH. Abdullah Gymnastiar, berhasil menelurkan karya berupa gaun pengantin berkonsep syar’i nan sederhana. 

Rancangan Ghaida tak banyak menggunakan ornamen tambahan. Untuk mempermanis tampilan, Ghaida hanya menambahkan aksen pita di bagian tertentu, rok tulle, atau cape yang bisa dilepas pasang. Dalam pemilihan warna, Ghaida  lebih condong ke warna-warna soft seperti pink muda, dusty, atau lime. Meski secara keseluruhan tampak sederhana, namun koleksi Ghaida tetap anggun dan berkelas. 

Ayu Dyah Andari 

Ayu Dyah Andari
Ayu Dyah Andari


Meski kiprahnya sebagai desainer busana baru 5 tahun, namun koleksi gaun pengantin rancangan Ay Dyah Andari tak kalah dengan desainer senior lainnya. Ayu memang lebih mengkhususkan diri untuk busana-busana bertajuk syar’i, termasuk gaun pengantin. Tak tanggung-tanggung, beberapa hasil karyanya telah dipinang oleh sederet selebritis ternama. 

Desain gaun-gaun syar’i Ayu lebih banyak mengdepankan tema klasik. Penggunaan bahan brokat yang rapat serta bordir yang rapi menjadi ciri khas yang tak terbantahkan dari karya Ayu. Ayu juga sering mengombinasikan gaun rancangannya dengan cape atau jubah panjang.

Seluruh model gaun pengantin syar’i di atas layak untuk dijadikan referensi. Namun untuk menyempurnakan tampilan ala seorang muslimah ideal, alangkah baiknya gaun-gaun tersebut dipadukan dengan hijab panjang menutupi dada, bukan turban ataupun hijab lilit. Semoga menginspirasi.

Advertisement

Mohon untuk berkomentar dengan baik, untuk komentar spam akan kami hapus.
EmoticonEmoticon